Ubaidillah. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Asal Usul Tempat Kelahiranku Kampung Batusendi, Sangkapura , Bawean

Di Dusun Batusendi Desa Sidogedungabtu Sangkapura,  Bawean ada peninggalan sejarah berupa candi berjumlah tujuh buah, tetapi sekarang tinggal enam buah. Candi tersebut menjadi dasar nama kampung Batusendi.
Menurut Masrur (guru MDU saya) sebagai tokoh Batusendi mengatak bahwa nama kampung Batusendi berasal dari batu candi yang ada di depan SDN Sidogedungbatu I (SD saya), sehingga dinamai Batusendi.
Candi tersbut menurut pengakuan orang tua terdahulu adalah berasal dari Negara Thailand yang dibawa masuk ke Pulau Bawean. Sebelum Islam masuk ke  Pulau Bawean candi tersebut dijadikan kuil sebagai tempat peribadatan agama non muslim. Dan pada waktu islam masuk ke Pulau Bawean candi ini hanya dibuat sebagai tempat pemasangan “sesaji”, namun sekarang sudah tidak ada lagi.
Dahulu ada mitos, bila candi tersebut dijatuhkan kedalam sungai akan terjadi banjir besar, pernah dicoba oleh orang-orang dijatuhkan kedalam sungai, ternyata tidak terjadi banjir besar.
Begitulah sedikit sejarah tempat kelahiranku, dan menjadi sejarah yang terlupakan bagi masyarakat Pulau Bawean pada saat ini.
Sumber: http://www.bawean.net/2010/07/asal-usul-nama-kampung-batusendi.html


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

Upviv mengatakan...

Se tao...

Posting Komentar