Ubaidillah. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

AIR SEBAGAI FAKTOR PEMBATAS


Air merupakan sumber kehidupan yang tidak dapat tergantikan oleh apa pun juga. Tanpa air seluruh organisme tidak akan dapat hidup. Bagi tumbuhan, air mempunyai peranan yang penting karena dapat melarutkan dan membawa makanan yang diperlukan bagi tumbuhan dari dalam tanah. Adanya air tergantung dari curah hujan dan curah hujan sangat tergantung dari iklim di daerah yang bersangkutan.
Air menutupi sekitar 70% permukaan bumi, dengan jumlah sekitar 1.368 juta km3. Air terdapat dalam berbagai bentuk, misalnya uap air, es, cairan dan salju. Air tawar terutama terdapat di danau, sungai, air tanah (ground water) dan gunung es (glacier). Semua badan air di daratan dihubungkan dengan laut dan atmosfer melalui siklus hidrologi yang berlangsung secara kontinu (Effendi, 2003). 
    Sifat air
     Menurut Benyamin Lakitan (2001) dan Hefni Effendi (2003) air memiliki karakteristik yang khas yang tidak dimiliki oleh senyawa kimia yang lain, yaitu.
1. Berbentuk cair pada suhu ruang
2. Perubahan suhu air berlangsung lambat sehingga air memiliki sifat sebagai penyimpan panas yang baik.
3. Panas laten vaporisasi dan fusi yang tinggi. Panas laten vaporisasi adalah energi yang dibutuhkan untuk menguapkan 1 gr pada suhu 20oC.
4. Viskositas (hambatan untuk pengaliran) rendah.
5. Adanya gaya adhesi dan kohesi.
6. Air merupakan satu-satunya senyawa yang meregang ketika membeku. 
        Jenis –jenis air
Secara umum air yang terdapat di bumi ini digolongkan ke dalam dua jenis, yaitu:
1. Air tanah (ground water), adalah air yang terdapat di bawah permukaan tanah dan tidak dapat dilihat secara langsung
2. Air permukaan (surface water), adalah air yang terdapat di atas permukaan bumi dan tidak terinfiltrasi ke dalam bumi. Contoh air permukaan seperti laut, sungai, danau, kali, rawa, empang, dan lain sebagainya. 
        Peranan Air bagi Tumbuhan
Menurut Rai (1998), air memiliki beberapa peranan penting bagi tumbuhan yaitu antara lain :
1. Struktur Tumbuhan. Air merupakan bagian terbesar pembentukan jaringan dari semua makhluk hidup. Antara 40% sampai 60% dari berat segar pohon tersusun atas air. Cairan yang mengisi sel memiliki peran dalam menjaga substansi tetap dalam keadaan yang tepat untuk menjalankan fungsi metabolisme.
2. Sebagai Penunjang. Tumbuhan memerlukan air untuk menunjang jaringan-jaringan yang tidak berkayu. Apabila sel-sel jaringan tersebut memiliki cukup air, maka sel-sel tersebut akan berada dalam keadaan kokoh. Air yang ada dalam sel tumbuhan tersebut nantinya akan menghasilkan suatu tekanan yang disebut tekanan turgor. Dengan adanya tekanan turgor tersebut akan menyebabkan sel mengembang dan apabila jumlah air tidak memadai akan menyebabkan terjadinya proses plasmolisis.
3. Alat Angkut. Air di perlukan oleh tumbuhan sebagai alat untuk mengangkut materi dan nutrisi di sekitar tubuhnya, dan menyalurkan materi dan nutrisi tersebut ke bagian tumbuhan lainnya sebagai substansi yang terlarut dalam air.
4. Pendinginan. Tumbuhan akan mengalami proses transpirasi, akibat dari proses transpirasi tersebut akan menyebabkan tumbuhan kehilangan air. Hilangnya sebagian air dari tumbuhan akan mendinginkan tubuh tumbuhan tersebut dan menjaga tumbuhan dari pemanasan yang berlebihan sehingga suhu tanaman menjadi konstan.
5. Pelarut dan medium reaksi biokimia
6. Memberikan turgor bagi sel (penting untuk pembelahan sel dan pembesaran sel)
7. Bahan baku fotosintesis
    
   Pustaka:


Effendi, H. 2003. Telaah Kualitas Air. Yogyakarta : Penerbit Kanisius
Lakitan, B. 2001. Dasar-Dasar Fisiologi Tumbuhan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
 
 

klik disini untuk download videonya

China barat daya, dilanda kekeringan terburuk dalam seratus tahun ini. Para ahli ekologi setempat memperingatkan pemerintah, untuk menyelamatkan dan melestarikan lingkungan.
Profesor Xie Yan dari akademi ilmu pengetahuan China (CAS) menyatakan, mengejar pertumbuhan ekonomi, berdampak membahayakan keseimbangan ekologi.
Profesor Xie Yan, Universitas Biologi, CAS:
"Alam tampaknya telah menciptakan banyak bencana di China. Sebagian alasannya karena sistem ekologi kita yang mengalami kemerosotan, sehingga efek penunjang kehidupan dari sistem tersebut telah menurun secara drastis. "
Profesor Xie menyatakan, peralihan fungsi hutan menjadi lahan perkebunan, berdampak merusak siklus air pada lingkungan tersebut.
Profesor Xie Yan, Universita Biologi, CAS:
"Hutan menciptakan keragaman ekologi, termasuk tempat menyimpan cadangan air dan menampung hujan. Keberadaannya menjamin kelembaban suhu dan air bawah tanah. Tetapi, setelah semuanya berubah menjadi lahan perkebunan, hanya ada satu jenis pohon, peran ekologinya berkurang secara signifikan. "
Kehilangan Vegetasi dan pembabatan hutan, juga diyakini sebagai penyebab terjadinya badai pasir yang menyerang China utara.
Profesor Qian Zhengan, Ahli Badai Pasir , CAS:
"Penyebab utama badai pasir adalah sirkulasi atmosfer, namun pengundulan hutan dan hilangnya keseimbangan vegetasi merupakan faktor penyebab yang signifikan. Tanpa ini, tidak akan ada sumber pasir. "
Profesor Qian mengatakan, pemerintah perlu mengambil langkah tegas dan nyata dalam melestarikan lingkungan. Bila tidak, akan terjadi banyak bencana di masa mendatang.
Profesor Qian Zhengan, Ahli Badai Pasir , CAS:
"Kapasitas penduduk dan jumlah lahan yang dikelola, hendaknya dikaji secara nyata. Jika tidak, lingkungan akan hancur. Barangkali, mungkin ada keuntungan jangka pendek dan perkembangan, namun untuk jangka panjang, anda telah merenggut segalanya dan hanya akan menyisakan bencana bagi generasi mendatang."

Review:
 Dari ulasan di atas dapat disimpulkan bahwa air sangatlah dibutuhkan bagi tumbuhan, dan ini menujkkan bahwa air merupakan faktor pembatas dari suatu ekologi.
Sebagaimana yang ada di video tersebut, banyak tanaman yang tidak tumbuh dikarenakan kekurangan air.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

ilmin mengatakan...

oo,,jadi gitu ya ceritanya pak ubai bahwasanya air merupakan faktor yang sangt penting untuk tumbuh atau tidaknya suatu tumbuhan,,,
law saya boleh menambahkan selain air ada lagi faktor yang sangat berpengaruh untuh tumbuh atau tidaknya suatu tumbuhan yakni nutrient lain(suhu,cahaya) apabila tubuhan tidak memperoleh nutrient tersebut dengan maksimal dengan otomatis tumbuhan tersebut tidak hidup alis mati.

Posting Komentar